Minggu, Oktober 30, 2011

5 kemampuan dasar Perkembangan Anak ....


PERKEMBANGAN SOSIAL-EMOSIONAL

v  Perkembangan sosial merupakan pencapaian kematangan dalam hubungan sosial atau proses belajar untuk menyesuaikan diri terhadap norma- norma kelompok, moral dan tradisi, saling berkomunikasi dan kerjasama pembentukan.


v  Perkembangan sosial akan semankin terasah apabila anak semankin memproleh berbagai kesempatan dan pengalamn bergaul dengan orang-orang dilingkunganya. Semangkin luas kesempatan melakukan hubungan sosial (sosialisasi), akan semankin membutuhkan orang lain untuk berinteraksi sebagai  bagian dari kebutuhan kodrati yang dimiliki manusia sebagai makhluk sosial.

v  Bentuk-bentuk tingkah laku sosial :
1.      Pembangkangan, bentuk tingkah laku melawan yang mulai muncul saat usia 18 bulan dan mencapai puncak usia 3 (tiga) tahun
2.      Agresi,prilaku menyerang balik secara fisik maupun kata-kata
3.      Berselisih (betengkar)
4.      Mengoda
5.      Kerjasama
6.      Mementingkan diri sendiri
7.      Tingkah laku berkuasa
8.      Simpati

v  Perkembangan emosional merupakan proses  yang kompleks yang menyangkut perubahan kualitas pada perasaan hati individu.

v  Jenis emosi (stewart et.all) ada 4  (empat ) yaitu ;
1.      Senang (gembira)  yang ditunjukkan dengan ekspresi tersenyum  (tertawa) yangdapat terjadi apabila menemukan sesuatu  atau mencapai  yang diinginkan
2.      Marah, emosi terjadi saat anak merasa terhambat, frustasi karena apa yang dikehendaki tidak tercapai
3.      Takut merupakan bentuk emosi yang  menunjukkan adanya bahaya
4.      Sedih biasanya anak merasa sedih  pada saat terpisah dari yang lainnya.


v  Perkembangan sosial-emosional adalah meningkatnya  kematangan  sosial dan emosi  pada diri  seseorang  sebagai upaya mengenal lingkungan disekitarnya  dan konsep diri, kontrol diri, rasa memiliki serta sikap positif terhadap  belajar / sekolah kegiatan bermain.


v  Salah satu pembentukan  perilaku pada  anak usia dini  adalah pengembangan sosial-emosional yang bertujuan agar anak mampu mengadakan  hubungan  dengan  orang lain, mengenal peraturan, dan dapat  menunjukan  reaksi emosi yang  wajar  sesuai usia  dan  karakteristiknya. 
  



PERKEMBANGAN  BAHASA

·         Perkembangan bahasa adalah meningkatnya kemampuan /penguasaan alat komunikasi pada seseorang sebagai upaya untuk menyatakan pikiran dan perasaan kepada orang lain serta sekaligus untuk memahami pikiran dan persaan orang lain.

·         Salah satu pengembangan kemampuan dasar pada anak usia dini adalah pengembangan kemampuan bahasa yangg bertujuan agar anank sesuai  usia  dan karaktaristiknya memeliki

1.      Kemampuan mengungkapkan pikiran melalui bahasa ,
2.      Ketrampilan berkomunikasai secara efektif dan
3.      Minat untuk berbahasa indonesia yang baik dan benar

·         Perkembangan  bahasa pada anak usia 2- < 4 tahun memiliki 2 (dua ) unsur yaitu ;
1.      Kemempuan menerima bahasa , dan
2.      Kemampuan mengungkapkan bahasa  dengan penekanan  besar pada aktivitas-aktivitas bahasa yang cocok meliputi antara lain : Permainan drama,kesempatan berbicara dan mendengarkan beragam  ceritan sederhana .

·         Dibawah ini ada tingkat pencaoaian perkembangan bahasa sevcara umum yang diharapkan dapat dicapai anan usia 2-3 tahun (bukan merupakan suatu tingkat pencapain  kecakapan akademik )sebagai berikut  :
A.    Menerima Bahasa
1.      Mengenal beberapa lagu sederhana
2.      Mendengar cerita sederhana dan memperlihatkan,ketertarikan terhadap cerita tersebut
3.      Mengikuti 1-2 perintah  sederhana
4.      Menggunakan 3 kata dalam satu kalimat
5.      Membedakan suara-suara

B.     Mengungkapkan Bahasa
1.      Menjawab pertanyaan  sederhana “apa”
2.      Mau mengikuti beberapa lagu sederhana
3.      Membedakan 2 posisi : di atas ,di bawah
4.      Mulai menyatakan mau makan ,main,kamar mandi
5.      Mengetahui nama panggilanya
6.      Menyebutkan nama benda atau gambar  yang ditanyakan
7.       Mengulang 1 kalimat yang terdiri dari 2 kata
8.       Meinta benda dengan menamakannya
9.       Menunjuk gambar dalam buku bila diminta
10.    Mengenali 3 bagian dari tubuh mengulang satuikalimat yang terdiri dari 3 kata
11.    Mengenali 5 bagian dari tubuh



PERKEMBANGAN KOGNITF

o   Perkembangan Kognitif merupakan proses yang terjadi secar internal di dalam pusat
Susunan syarafnya  pada saat manusia berpikir atau sebagai prilaku yang menekankan pada asepek intelektual seperti ketrampilan berpikir ,penegertian dan pengetahuan dasar .

o   Salah satu  penegmbanagn kemampuan dasar pada anak usia didi adalah pengembanagn kemampuan kognitif  yang bertujuan agar  anak seusia  usia dan karakteristiknya memilki ;:
1.      Kemampuan berpikir logis matematis
2.      Ketrampilan memecahkan masalah dengan menemukan beragam alternatif pemecahannya
3.      Kelompok memilah-milah, mengelompokkan

o   Perkembanagn kognitif pada anak usia 2 - < 4 tahun memilki 3 (tiga) unsur yaitu :
1.      Mengenal Pengetahuan Umum
2.      Mengenal  bilangan, dan
3.      Mengenal konsep ukuran ,bentuk  dan pola 

o   Di bawah ini adalah tingkat  pencapaian perkembangan  kognitif secara umum  yang diharapkan dapat dicapai anak usia 2 < 4  tahun ( bukan merupakan suatu tingkat pencapaian kecakapan akademik) sebagai berikut  :
A.Pengetahuan  Umum
1.      Mengenal bagian-bagian  tubuh (lima bagian )
2.      Menyebut bagian-bagian suatu gambar seperti wajah orang, mobil, binatang
3.      Mengenal kasar halus
B. Bilangan
1.      Menyebut urutan bilangan 1-10

A.    Bentuk, Warna, dan Ukuran
1.Mengelompokkan 4 Warna ( Merah ,Kuning, hijau, biru )
2.Menyebutkan 4 Warna ( Merah ,Kuning, hijau, biru )
3.Klasifikasi bentuk lingkaran dan segitiga.
4.Mengenal 3  macam bentuk bentuk .lingkaran,segitiga & persegi
5.Mengenal konsep ukuran besar-kecil, panjang pendek .




PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS

o   Perkembangan motorik halus adalah aspek yang berhubungan dengan kemampuan  anak melakukan gerakan yang melibatkan bagian – bagian tubuh tertentu  dan dilakukan oleh otot-otot kecil ,tetapi memerlukan koordinasi yang cermat.
o   Dibawah ini  adalah tingkat pencapaian perkembanagn motorik halus  yang secara umum diharapkan dapa dicapai anak usia 3 - <  4 tahun ( bukan meryupakan suatu pencapaian kecakapan akademik ) sebagi berikut;
1.Menuang benda –benda seperti : air ,pasir ,atau biji-bijin secara bebas.
2. Membangun menara /menumpuk dengan 6-8 balok  kardus/kardus
3. Memasukkan 1- 8 manik-manik  besar ke tali
4. Meremas kertas atw spon  dengan menggerakkan  lima jari
5. Memegan benda pipih seperti  (menggunakan)sikat gigi,sendok
6. Memasukkan  benda kedalam wadah/gelas
7. Membantu  memungut makananya sendiri
8. Merapikan alat makanannya
9. Memegang,membuka  dan menutup /menggunakan gunting
                       10. Menekan  dan  menumbuk playdough  
                       11. Membalik halaman buku satu persatu
                       12. Menggunting seputar  tepi  kertas  dengan ujung gunting
                        13. Menyuap makanan dengan sendok
                        14. Menyedot air minum
                        15. Meniup lilin /gelembung sabun
                        16. Memegang crayon dengan benar
                        17.Merobek kertas
                        18.Membuat garis vertikal /horizontal /longkar di pasir atau udara
                        19.Mencorat-coret pada kertas
                        20.Meniru membuat garis  lurus, zigzag, gelombang di atas kertas
                        22.Meniru membuat garis horizontal diatas kertas





PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR

o   Perkembangan motorik kasar adalah meningkatnya kemampuan /penguasaan seseorang dalam menerima rangsangan (pancaindera) dan mengelola serta mengontrol gerakan-gerakan yang terjadi karena adanya  koordinasi otot-otot besar .

o   Salah satu pengembangan kemampuan dasar anak usia dini adalah pengembangan kemampua motorik kasar yang meiliki  3 (tiga unsur ) kelompok yaitu :
1.Ketrampilan lokomotorik seperti berlari, berjalan setelah berhenti sejenak,berguling,melompat
   menjatuhkan diri,meliuk,mengelak.
2.Ketrampilan non lokomotorik yang mengerakkan anggota tubuh dengan posisi tubuh diam ditempat
   seperti  berayun,berbelok, menganggkat,bergoyang,merentang,memeluk,mendorong,memutar,dan
    melengkung.
3.Ketrampilan memperoyeksikan, menangkap dan menerima seperti menangkap bola,menggiring
    bola,melempar bola ,menendang bola,memukul dan menarik .

o   Dibawah ini  adalah tingkat pencapaian perkembanagn motorik kasar  yang secara umum diharapkan dapa dicapai anak usia 3 - <  4 tahun ( bukan meryupakan suatu pencapaian kecakapan akademik ) sebagi berikut ;
1.      Berjalan dengan Stabil
2.      Berjalan sambil jinjit
3.      Berjalan dekat dengan stabil
4.      Melompat-lompat bebas ditempat
5.      Merangkak  bebas dengan jarak dekat
6.      Berdiri dan menendang bola besar
7.      Mengelindingkan bola
8.      Meniti di lantai
9.      Naik turun tangga /tempat yang lebih /rendah dengan berpegangan
10.  Meniru gerakan senam sederhana seperti menirukan gerakan pohon & kelinci melompat
11.  Berdiri dengan keseimbanagn yang baik selama 2 detik.