Sabtu, November 27, 2010

~ Ungkapan dan Faedah Pernikahan ~


* PERNIKAHAN yang tidak dibangun di atas pondasi keimanan, akan terakhir dalam keadaan mati.

* Pernikahan adalah Ujian dari ALLAH Subhanahu wa Ta'ala, bagi suami maupun istri.

* Pernikahan yang dibeli dengan harta, akan dijual ketika harga jualnya lebih menguntungkan.

* Pernikahan demi kecantikan atau kemampuan semata, seperti rumah yang dibeli karena berandanya saja.

* Pernikahan adalah upaya saling melengkapi antara dua orang yang tidak sempurna dan upaya yang saling memahami antara dua orang yang berakal.

* Pernikahan adalah relasi yang dibangun diatas dasar basa basi, diplomasi dan toleransi.

* Pernikahan adalam sistim rabbani yang paling indah untuk menghimpun laki-laki dengan perempuan
dalam satu rumah dan satu ranjang, agar mereka saling berbagi, saling mencintai, memperoleh keturunan, dan silih asah, silih asih, silih asuh dalam meniti kehidupan.

*Pernikahan yang sukses dan bahagia adalah suami istri yang saling memahami, menjalankan perannya dengan baik, dan mendukung peran pasangannya.

* Pernikahan adalah gerbang bagi suami istri menunju kehidupan baru yang penuh kebahagiaan atas kehendak mereka berdua, atau menuju kesengsaraan atas kehendak salah satunya atau kedua-duanya.

* Pernikahan selalu diawali untaian kata-kata yang baik, lalu menjadi langgeng dan kuat juga oleh untaian kata-kata yang baik.

* Pernikahan adalah tempat persemaian emosi-emosi vital agar saling berinteraksi sampai berbuah kebahagiaan. Inti Pernikahan adalah ketenangan, bukan nafsu yang menggelora atau hasrat yang menggebu.

*Pernikahan adalah tempat berteduh bagi suami istri. Sebagai tempat berteduh, pernikahan melindungi mereka pada saat suka maupun duka.

~ Jangan Membangun rumah diatas sebidang tanah, tapi bagunlah diatas pernihana ~

Faedah Pernikahan :
1. Menjaga kehormatan dan pandangan mata, dan melindungi agama dan akhlak.

2. Mengais pahala yang besar akibat melaksanakan perintah Allah dan Rasul-Nya dalam hal Pernihakan.

3. Mewujudkan kemintraan dan persahabatan antara suami dan istri yang menepis rasa sepi dan menjauhkan penyakit psikis dan fisik akibat kesendirian, keterasingan dan perselibatan.

4. Menghasilkan keturunan yang shaleh yang sangat penting dalam memperbanyak kuantitas kaum muslimin dan mendatangkan pahala yang besar bagi orang tua dalam mendidik dan bersabar atas kematian anak-anak mereka.

5. Merajut Relasi sosial, mengukuhkan ikatan cinta, kesepahaman, dan keakraban antar anggota masyarakat, sehingga dapat membawa kemajuan bagi mereka dalam aspek ekonomi.

6. Saling besinergi dalam perkara agama dan dunia. Berapa banyak istri shalehah menjadi penyebab suaminya mendapatkan hidayah, dan demikian sebaliknya.

Rasulullah SAW menganggap Pernikahan sebagai pembersih dosa dan kesalahan. (HR. Ibnu Majah).

Trims yaa  Mek.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar