Sabtu, Desember 25, 2010

lose..memutuskan tali silaturahmmi

Lose ..


"  Maka Janganlah Ucapan mereka menyedihkan kamu sesungguhnya  KAMI mengetahui apa yang mereka rahasiakan dan apa yang mereka nyatakan ." (   Q.S Yasin : 76)

Ba'da ashar tadi  telepon genggam saya berbunyi ,ternyata seorang teman lama memberi kabar yang kurang menyenangkan bagi siapapun yang mendengarnya , sebuah informasi yang mengejutkan bagi saya ,betapa tidak  berita ini begitu membuat saya prihatin ,karena saya tidak menyangka ,dan tidak pernah mengalami sebuah pristiwa yang membuat orang kecewa selama saya menjadi pengarah pada sebuah lembaga ...
.>>>    " Asalamu'alaikum ...bu yuli
>>>    '"  Walaikumsalam ...siapa yaa ?
>>>   "  Saya  ..Bu ade bu..
>>>   " yaa ada apa bu ade , sehat ,bagaimana kabarnya ?
>>>   "  Alamdulillah  saya  sehat ,dan saya di pecat bu hari ini dari sekolah
>>>   ' What.. apa bu di pe cat ..ha yang benar bu?
>>>   " iya Bu  .. bukan saya saja .. kami berdua dengan pak Bahtiara dipecat  

kata dipecat ,sebuah momok yang menakutkan bagi siapapun orang yang bekerja untuk orang lain , pemecatan sebuah tindakan yang saya tidak pernah mau saya  lakukan sepanjang saya menjadi seorang yang berpengaruh, berapapun banayknya  masalah tentu kerap terjadi saats selama ini  , kita sedang membangun sebuah team ,dalam sebuah organisasi ,pasti ada saja yang pro dan kontra dengan keputusan kita , namun saya selalu berprinsip, sangat mencoba jangan samapi saya memcat orang. bukan karena saya kurang tegas, bukan masih ada cara yang bisa ditempuh , dengan beberapa tahap . seorang leader  ,penyelia yang baik pastilah memilki step by step.untuk menempuh langkah  pemecatan itu kelak .

Betapa sedihnya hati seluruh anggota keluarga pak bahtiar , dirasakan oleh teman yang baru saja mendapat buah hati, tapi tadi siang selepas pemberian raport kepada wali murid , dipanggil dan dipecat tanpa ada SP1 ,2 dan 3 ,mengapa didunia ini masih saja orang yang tidak tau bagaimana ,mengelola manusia dengan baik dan benar,bukan surat pemberhentian dijadikan sebagai penyelesai masalah .

Prinsip manajemen , mengelola dengan hati,bekerja dengan iklas , dan penuh rasa syukur mengemban amanah  tentunya  tak satu butir pasal pun tidak akan kita temukan ,pemecatan kepada SDM ,kecuali SDM tersebut melakukan perbuatan seperti mencuri, membuat onar , mencemarkan nama baik lembaga dan lain sebaginya perbuatan yang merugikan lembaga , seornag pendidik ,yang saya tau seorang insan-insan teladan  dengan idealis yang saya yakin mereka dapat mencetak generasi-generasi rabbani dan generasi penerus peradaban islam . dipecat ,karena dianggap sebagi ancaman bagi lembaga tersebut ,ini bukan sebuah sikap profesionlisme dari pihak manajemen ,

seorang pesuruh sekolah dengan jabatan terendah disebuah lembaga pendidikan ,saya tidak sanggup memecatnya, tarik ulur-tarik ulur ,pembinaan teruslah yang harus kita lakukan, dan saya bersyukur selama 10 tahun ini belum pernah memecat orang, dan prinsip saya pun sebelum dipecat saya mengundurkan diri lebih baik .

Sahabat Zuhudlah apa yang ada ditangan manusia, bu ade  dan pak bahtiar , bersabarlah ,tangan-tangan allah akan bekerja ,memperbaiki takdir kiata hari ini, semua yang kita lakukan sekecil apapun Allah tidak tidur,tidak pula Buta , kelak ada hadiah besar dan kado terindah yang akan kalian berdua terima sebagai iblan atas jasa seorang pendidik ,tidak didunia tapi kelak diakhirat nanti .. kepada temanku yang baru dipecat hayati " pepatah ini .
Be Proud and bending in defeat yet humble and gentle victory 

pelajaran bagi kita semua sahabat ,jika anda  saat sedang mengemban amanah berupa  jabatan yang paling tinggi dahulukan niat anada bekerja untuk melayani umat  utamakan hati nurani ,


" logic of discovery no logic of perfection "

Segala apa yang dilangit dan yang ada dibumi adalah kepunyaan Allah .Dan jika kamu melahirkan apa yang ada dihatimu atau kamu menyembunyikannya .niscaya Allah akan menghitung dan akan menyatakan kepada kamu . kemudian Dia mengampunkan kepada sesiapa yang dikehdakiNya dan meyeiksa sesiapa yang dikehendakiNya  menurut peraturan Allah dan (inagatlah) ,Allah Maha kuasa atas tiap-tiap sesuatu .

Diatas langit masih ada langit ..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar