Kamis, November 17, 2011

Howard Gardner, kecerdasan ganda dan pendidikan

Howard Gardner's work around multiple intelligences has had a profound impact on thinking and practice in education - especially in the United States. Karya Howard Gardner kecerdasan ganda sekitar memiliki dampak yang mendalam pada pemikiran dan praktek dalam pendidikan - terutama di Amerika Serikat. Here we explore the theory of multiple intelligences; why it has found a ready audience amongst educationalists; and some of the issues around its conceptualization and realization. Di sini kita mengeksplorasi teori kecerdasan ganda, mengapa telah menemukan audiens yang siap di antara pendidik, dan beberapa isu sekitar konsep dan realisasi.

contents: introduction · howard gardner - a life · howard gardner on multiple intelligences · the appeal of multiple intelligences · are there additional intelligences? · howard gardner's multiple intelligences - some issues and problems · conclusion · further reading and references · how to cite this article isi: pengantar · Howard Gardner - hidup · Howard Gardner tentang kecerdasan ganda · daya tarik kecerdasan ganda · ada kecerdasan tambahan? · Howard Gardner kecerdasan ganda - beberapa isu dan masalah · Kesimpulan · bacaan lanjut dan referensi · bagaimana mengutip artikel ini
gambar: Howard Gardner 2004, diambil oleh Esthr / diposting sebagai publik di flickr I want my children to understand the world, but not just because the world is fascinating and the human mind is curious. Saya ingin anak saya untuk memahami dunia, tetapi bukan hanya karena dunia yang menarik dan pikiran manusia adalah penasaran. I want them to understand it so that they will be positioned to make it a better place. Saya ingin mereka mengerti sehingga mereka akan diposisikan untuk membuatnya menjadi tempat yang lebih baik. Knowledge is not the same as morality, but we need to understand if we are to avoid past mistakes and move in productive directions. Pengetahuan tidak sama dengan moralitas, tetapi kita perlu memahami jika kita ingin menghindari kesalahan masa lalu dan bergerak dalam arah yang produktif. An important part of that understanding is knowing who we are and what we can do... Suatu bagian penting dari pemahaman bahwa adalah mengetahui siapa kita dan apa yang dapat kita lakukan ... Ultimately, we must synthesize our understandings for ourselves. Akhirnya, kita harus mensintesis pemahaman kita untuk diri kita sendiri. The performance of understanding that try matters are the ones we carry out as human beings in an imperfect world which we can affect for good or for ill. (Howard Gardner 1999: 180-181) Kinerja pemahaman yang mencoba hal-hal adalah orang-orang kita melaksanakan sebagai manusia dalam dunia yang tidak sempurna yang kita dapat mempengaruhi baik atau buruk (Howard Gardner 1999: 180-181).
Howard Earl Gardner's (1943- ) work has been marked by a desire not to just describe the world but to help to create the conditions to change it. (1943 -) Howard Earl Gardner kerja telah ditandai oleh keinginan untuk tidak hanya menggambarkan dunia tetapi untuk membantu menciptakan kondisi untuk mengubahnya. The scale of Howard Gardner's contribution can be gauged from following comments in his introduction to the tenth anniversary edition of his classic work Frames of Mind. Skala kontribusi Howard Gardner dapat diukur dari berikut komentar dalam pengantar untuk edisi ulang tahun kesepuluh dari Frame klasik karya Pikiran. The theory of multiple intelligences : Teori kecerdasan ganda:
In the heyday of the psychometric and behaviorist eras, it was generally believed that intelligence was a single entity that was inherited; and that human beings - initially a blank slate - could be trained to learn anything, provided that it was presented in an appropriate way. Dalam masa kejayaan era psikometri dan behavioris, pada umumnya percaya bahwa kecerdasan adalah sebuah entitas tunggal yang diwariskan, dan bahwa manusia - awalnya sebuah batu tulis kosong - dapat dilatih untuk mempelajari apa pun, asalkan itu disajikan dalam cara yang tepat . Nowadays an increasing number of researchers believe precisely the opposite; that there exists a multitude of intelligences, quite independent of each other; that each intelligence has its own strengths and constraints; that the mind is far from unencumbered at birth; and that it is unexpectedly difficult to teach things that go against early 'naive' theories of that challenge the natural lines of force within an intelligence and its matching domains. Saat ini peningkatan jumlah peneliti percaya justru sebaliknya, bahwa ada banyak kecerdasan, cukup independen satu sama lain; bahwa kecerdasan masing-masing memiliki kekuatan sendiri dan kendala; bahwa pikiran adalah jauh dari terbebani saat lahir, dan bahwa itu adalah tak terduga sulit untuk mengajarkan hal-hal yang bertentangan awal 'naif' teori-teori dari tantangan bahwa garis-garis alami dari kekuatan dalam kecerdasan dan domain yang cocok. (Gardner 1993: xxiii) (Gardner 1993: xxiii)
One of the main impetuses for this movement has been Howard Gardner's work. Salah satu impetuses utama untuk gerakan ini telah bekerja Howard Gardner. He has been, in Smith and Smith's (1994) terms, a paradigm shifter. Dia telah, dalam Smith dan (1994) Smith istilah, shifter paradigma. Howard Gardner has questioned the idea that intelligence is a single entity, that it results from a single factor, and that it can be measured simply via IQ tests. Howard Gardner telah mempertanyakan gagasan bahwa kecerdasan adalah entitas tunggal, bahwa hasil dari faktor tunggal, dan bahwa hal itu dapat diukur hanya melalui tes IQ. He has also challenged the cognitive development work of Piaget. Dia juga menantang pekerjaan pembangunan kognitif Piaget. Bringing forward evidence to show that at any one time a child may be at very different stages for example, in number development and spatial/visual maturation, Howard Gardner has successfully undermined the idea that knowledge at any one particular developmental stage hangs together in a structured whole. Membawa maju bukti yang menunjukkan bahwa pada satu waktu anak mungkin pada tahap sangat berbeda misalnya, dalam pengembangan jumlah dan pematangan spasial / visual, Howard Gardner telah berhasil melemahkan gagasan bahwa pengetahuan pada setiap tahap perkembangan tertentu tergantung satu sama secara terstruktur keseluruhan.
In this article we explore Howard Gardner's contribution and the use to which it has been put by educators. Pada artikel ini kita mengeksplorasi kontribusi Howard Gardner dan gunakan untuk yang telah dimasukkan oleh pendidik.

Howard Gardner - a life Howard Gardner - kehidupan

Howard Gardner was born in Scranton, Pennsylvania in 1943. Howard Gardner lahir di Scranton, Pennsylvania pada 1943. His parents had fled from Nürnberg in Germany in 1938 with their three-year old son, Eric. Orang tuanya telah melarikan diri dari Nürnberg di Jerman pada tahun 1938 dengan tiga putra tahun mereka, Eric. Just prior to Howard Gardner's birth Eric was killed in a sleighing accident. Tepat sebelum kelahiran Howard Gardner Eric tewas dalam kecelakaan sleighing. These two events were not discussed during Gardner's childhood, but were to have a very significant impact upon his thinking and development (Gardner 1989: 22). Kedua kejadian tersebut tidak dibahas selama masa kanak Gardner, tetapi memiliki dampak yang sangat signifikan pada pemikiran dan pembangunan (Gardner 1989: 22). The opportunities for risky physical activity were limited, and creative and intellectual pursuits encouraged. Peluang untuk kegiatan fisik berisiko terbatas, dan kegiatan kreatif dan intelektual didorong. As Howard began to discover the family's 'secret history' (and Jewish identity) he started to recognize that he was different both from his parents and from his peers. Seperti Howard mulai untuk menemukan 'sejarah rahasia' keluarga (dan identitas Yahudi) ia mulai menyadari bahwa ia berbeda baik dari orang tuanya dan dari rekan-rekannya.
His parents wanted to send Howard to Phillips Academy in Andover Massachusetts - but he refused. Orang tuanya ingin mengirimkan Howard ke Phillips Akademi di Andover Massachusetts - tetapi dia menolak. Instead he went to a nearby preparatory school in Kingston, Pennsylvania (Wyoming Seminary). Sebaliknya ia pergi ke sebuah sekolah persiapan terdekat di Kingston, Pennsylvania (Wyoming Seminari). Howard Gardner appears to have embraced the opportunities there - and to have elicited the support and interest of some very able teachers. Howard Gardner tampaknya telah memeluk kesempatan di sana - dan telah menimbulkan dukungan dan bunga dari beberapa guru yang sangat mampu. From there he went to Harvard University to study history in readiness for a career in the law. Dari sana ia pergi ke Harvard University untuk mempelajari sejarah dalam kesiapan untuk berkarir di hukum. However, he was lucky enough to have Eric Erikson as a tutor. Namun, ia cukup beruntung untuk memiliki Eric Erikson sebagai guru privat. In Howard Gardner's words Erikson probably 'sealed' his ambition to be a scholar (1989: 23). Dengan kata Howard Gardner Erikson mungkin 'disegel' ambisinya untuk menjadi seorang sarjana (1989: 23). But there were others: Tapi ada yang lain:
My mind was really opened when I went to Harvard College and had the opportunity to study under individuals—such as psychoanalyst Erik Erikson, sociologist David Riesman, and cognitive psychologist Jerome Bruner—who were creating knowledge about human beings. Pikiran saya benar-benar membuka ketika saya pergi ke Harvard College dan memiliki kesempatan untuk belajar di bawah individu-seperti psikoanalis Erik Erikson, sosiolog David Riesman, dan psikolog kognitif Jerome Bruner-yang menciptakan pengetahuan tentang manusia. That helped set me on the course of investigating human nature, particularly how human beings think. Yang membantu mengatur saya pada kursus menyelidiki sifat manusia, khususnya bagaimana manusia berpikir. (Howard Gardner quoted by Marge Sherer 1999) (Howard Gardner yang dikutip oleh Marge Sherer 1999)
Howard Gardner's interest in psychology and the social sciences grew (his senior thesis was on a new California retirement community) and he graduated summa cum laude in 1965. Bunga Howard Gardner dalam psikologi dan ilmu sosial tumbuh (tesis seniornya berada di California baru pensiun masyarakat) dan ia lulus summa cum laude pada tahun 1965.
Howard Gardner then went to work for a brief period with Jerome Bruner on the famous MACOS Project ('Man: A course of study'). Howard Gardner kemudian pergi ke bekerja untuk jangka waktu singkat dengan Jerome Bruner pada MacOS Proyek yang terkenal ('Manusia: Sebuah program studi'). Bruner's work, especially in The Process of Education (1960) was to make a profound impact, and the questions that the programme asked were to find an echo in Gardner's subsequent interests. Bruner bekerja, terutama dalam Proses Pendidikan (1960) adalah untuk membuat dampak yang mendalam, dan pertanyaan-pertanyaan bahwa program tersebut diminta adalah untuk menemukan gema dalam kepentingan berikutnya Gardner. During this time he began to read the work of Claude Levi-Strauss and Jean Piaget in more detail. Selama waktu ini ia mulai membaca karya Claude Levi-Strauss dan Piaget Jean secara lebih rinci. He entered Harvard's doctoral programme in 1966, and in the following year became part of the Project Zero research team on arts education (with which he has remained involved to the present). Ia masuk program doktor Harvard pada tahun 1966, dan pada tahun berikutnya menjadi bagian dari tim Nol Proyek penelitian tentang seni pendidikan (yang ia tetap terlibat sampai sekarang). Howard Gardner completed his PhD in 1971 (his dissertation was on style sensitivity in children). Howard Gardner menyelesaikan PhD pada tahun 1971 (disertasi adalah pada kepekaan gaya pada anak-anak). He remained at Harvard. Dia tetap di Harvard. Alongside his work with Project Zero (he now co-directs it with David Perkins) he was a lecturer (1971-1986) and then professor in education (1986- ). Selain karyanya dengan Project Zero (ia sekarang co-mengarahkan dengan David Perkins) ia adalah seorang dosen (1971-1986) dan kemudian profesor di bidang pendidikan (1986 -). His first major book, The Shattered Mind appeared in 1975 and some fifteen have followed. Buku yang pertama, The Shattered Mind muncul di tahun 1975 dan sekitar lima belas telah mengikuti. Howard Gardner is currently Hobbs Professor of Cognition and Education at the Harvard Graduate School of Education and adjunct professor of neurology at the Boston University School of Medicine. Howard Gardner saat ini Hobbs Profesor Kognisi dan Pendidikan di Harvard Graduate School of Education dan dosen neurologi di Boston University School of Medicine.
Project Zero provided an environment in which Howard Gardner could begin to explore his interest in human cognition. Project Zero menyediakan lingkungan di mana Howard Gardner bisa mulai untuk mengeksplorasi minatnya dalam kognisi manusia. He proceeded in a very different direction to the dominant discourses associated with Piaget and with psychometric testing. Dia melanjutkan dalam arah yang sangat berbeda dengan wacana dominan yang berhubungan dengan Piaget dan dengan pengujian psikometri. Project Zero developed as a major research centre for education - and provided an intellectual home for a significant grouping of researchers. Nol proyek yang dikembangkan sebagai pusat riset utama untuk pendidikan - dan memberikan rumah intelektual untuk suatu pengelompokan peneliti penting. A key moment came with the establishment of the Project on Human Potential in the late 1970s (funded by Bernard van Leer Foundation) to 'assess the state of scientific knowledge concerning human potential and its realization'. Sebuah momen kunci datang dengan penetapan dari Proyek pada Potensi Manusia di akhir 1970-an (yang didanai oleh Bernard van Leer Foundation) untuk 'menilai status pengetahuan ilmiah mengenai potensi manusia dan realisasi'. The result was Frames of Mind (1983) Howard Gardner's first full-length statement of his theory of multiple intelligences. Hasilnya adalah Frames of Mind (1983) pertama Howard Gardner full-length pernyataan teori kecerdasan ganda.

Howard Gardner on multiple intelligences - the initial listing Howard Gardner kecerdasan ganda - daftar awal

Howard Gardner viewed intelligence as 'the capacity to solve problems or to fashion products that are valued in one or more cultural setting' (Gardner & Hatch, 1989). Howard Gardner kecerdasan dipandang sebagai 'kapasitas untuk memecahkan masalah atau untuk produk-produk fashion yang bernilai dalam satu atau lebih pengaturan budaya' (Gardner & Hatch, 1989). He reviewed the literature using eight criteria or 'signs' of an intelligence: Dia terakhir literatur menggunakan delapan kriteria atau 'tanda' dari kecerdasan:
Potential isolation by brain damage. Potensi isolasi oleh kerusakan otak. The existence of idiots savants, prodigies and other exceptional individuals. Keberadaan sarjana idiot, keajaiban dan individu yang luar biasa lainnya.
An identifiable core operation or set of operations. Sebuah operasi diidentifikasi inti atau seperangkat operasi.
A distinctive development history, along with a definable set of 'end-state' performances. Sebuah sejarah khas pembangunan, bersama dengan satu set didefinisikan pertunjukan 'akhir-negara'.
An evolutionary history and evolutionary plausibility. Sebuah sejarah evolusi dan masuk akalnya evolusi.
Support from experimental psychological tasks. Dukungan dari tugas psikologi eksperimental.
Support from psychometric findings. Dukungan dari temuan psikometrik.
Susceptibility to encoding in a symbol system. Kerentanan terhadap pengkodean dalam sistem simbol. (Howard Gardner 1983: 62-69) (Howard Gardner 1983: 62-69)
Candidates for the title 'an intelligence' had to satisfy a range of these criteria and must include, as a prerequisite, the ability to resolve 'genuine problems or difficulties' ( ibid .: 60) within certain cultural settings. Calon untuk 'kecerdasan' judul harus memenuhi berbagai kriteria ini dan harus mencakup, sebagai prasyarat, kemampuan untuk menyelesaikan 'masalah asli atau kesulitan' (ibid:. 60) dalam pengaturan budaya tertentu. Making judgements about this was, however, 'reminiscent more of an artistic judgement than of a scientific assessment' ( ibid. : 62). Membuat penilaian tentang hal ini adalah, bagaimanapun, 'mengingatkan lebih dari sebuah penilaian artistik dari sebuah penilaian ilmiah' (ibid.: 62).
Howard Gardner initially formulated a list of seven intelligences. Howard Gardner merumuskan awalnya daftar tujuh kecerdasan. His listing was provisional. Daftar Nya sementara. The first two have been typically valued in schools; the next three are usually associated with the arts; and the final two are what Howard Gardner called 'personal intelligences' (Gardner 1999: 41-43). Dua yang pertama telah biasanya dihargai di sekolah; berikutnya tiga biasanya berhubungan dengan seni, dan dua terakhir adalah apa yang disebut Howard Gardner 'kecerdasan pribadi' (Gardner 1999: 41-43).
Linguistic intelligence involves sensitivity to spoken and written language, the ability to learn languages, and the capacity to use language to accomplish certain goals. Kecerdasan linguistik melibatkan kepekaan terhadap bahasa lisan dan tertulis, kemampuan untuk belajar bahasa, dan kemampuan untuk menggunakan bahasa untuk mencapai tujuan tertentu. This intelligence includes the ability to effectively use language to express oneself rhetorically or poetically; and language as a means to remember information. Kecerdasan ini mencakup kemampuan untuk secara efektif menggunakan bahasa untuk mengekspresikan diri retoris atau puitis, dan bahasa sebagai sarana untuk mengingat informasi. Writers, poets, lawyers and speakers are among those that Howard Gardner sees as having high linguistic intelligence. Penulis, penyair, pengacara dan pembicara di antara mereka yang melihat Howard Gardner memiliki kecerdasan linguistik yang tinggi.
Logical-mathematical intelligence consists of the capacity to analyze problems logically, carry out mathematical operations, and investigate issues scientifically. Kecerdasan logis-matematis terdiri dari kapasitas untuk menganalisis masalah secara logis, melakukan operasi matematika, dan menyelidiki masalah ilmiah. In Howard Gardner's words, it entails the ability to detect patterns, reason deductively and think logically. Dengan kata Howard Gardner, itu memerlukan kemampuan untuk mendeteksi pola, alasan deduktif dan berpikir logis. This intelligence is most often associated with scientific and mathematical thinking. Kecerdasan ini paling sering dikaitkan dengan pemikiran ilmiah dan matematika.
Musical intelligence involves skill in the performance, composition, and appreciation of musical patterns. Kecerdasan musikal melibatkan kemampuan dalam kinerja, komposisi, dan apresiasi terhadap pola musik. It encompasses the capacity to recognize and compose musical pitches, tones, and rhythms. Ini mencakup kemampuan untuk mengenali dan menyusun lapangan musik, nada, dan irama. According to Howard Gardner musical intelligence runs in an almost structural parallel to linguistic intelligence. Menurut Howard Gardner kecerdasan musikal berjalan di hampir paralel dengan kecerdasan linguistik struktural.
Bodily-kinesthetic intelligence entails the potential of using one's whole body or parts of the body to solve problems. Kecerdasan kinestetik-jasmani memerlukan potensi menggunakan seluruh tubuh seseorang atau bagian tubuh untuk memecahkan masalah. It is the ability to use mental abilities to coordinate bodily movements. Ini adalah kemampuan untuk menggunakan kemampuan mental untuk mengkoordinasikan gerakan tubuh. Howard Gardner sees mental and physical activity as related. Howard Gardner melihat aktivitas mental dan fisik yang terkait.
Spatial intelligence involves the potential to recognize and use the patterns of wide space and more confined areas. Kecerdasan spasial melibatkan potensi untuk mengenali dan menggunakan pola ruang yang luas dan daerah yang lebih terbatas.
Interpersonal intelligence is concerned with the capacity to understand the intentions, motivations and desires of other people. Interpersonal intelijen berkaitan dengan kapasitas untuk memahami maksud, motivasi dan keinginan orang lain. It allows people to work effectively with others. Hal ini memungkinkan orang untuk bekerja secara efektif dengan orang lain. Educators, salespeople, religious and political leaders and counsellors all need a well-developed interpersonal intelligence. Pendidik, tenaga penjual, pemimpin agama dan politik dan konselor semua membutuhkan kecerdasan interpersonal yang berkembang dengan baik.
Intrapersonal intelligence entails the capacity to understand oneself, to appreciate one's feelings, fears and motivations. Kecerdasan intrapersonal memerlukan kapasitas untuk memahami diri sendiri, untuk menghargai perasaan seseorang, ketakutan dan motivasi. In Howard Gardner's view it involves having an effective working model of ourselves, and to be able to use such information to regulate our lives. Dalam pandangan Howard Gardner di dalamnya termasuk memiliki model kerja yang efektif dari diri kita sendiri, dan dapat menggunakan informasi tersebut untuk mengatur hidup kita.
In Frames of Mind Howard Gardner treated the personal intelligences 'as a piece'. Dalam Frames of Mind Howard Gardner kecerdasan pribadi diperlakukan sebagai sepotong '. Because of their close association in most cultures, they are often linked together. Karena hubungan erat mereka dalam kebanyakan kebudayaan, mereka sering dikaitkan bersama-sama. However, he still argues that it makes sense to think of two forms of personal intelligence. Namun, ia masih berpendapat bahwa masuk akal untuk berpikir tentang dua bentuk kecerdasan pribadi. Gardner claimed that the seven intelligences rarely operate independently. Gardner menyatakan bahwa tujuh kecerdasan jarang beroperasi secara independen. They are used at the same time and tend to complement each other as people develop skills or solve problems. Mereka digunakan pada waktu yang sama dan cenderung saling melengkapi satu sama lain sebagai orang mengembangkan keterampilan atau memecahkan masalah.
In essence Howard Gardner argued that he was making two essential claims about multiple intelligences. Pada intinya Howard Gardner berpendapat bahwa ia membuat dua pernyataan penting tentang kecerdasan ganda. That: Bahwa:
The theory is an account of human cognition in its fullness. Teori ini adalah rekening dari kognisi manusia dalam kepenuhannya. The intelligences provided 'a new definition of human nature, cognitively speaking' (Gardner 1999: 44). Kecerdasan disediakan 'definisi baru dari sifat manusia, kognitif berbicara' (Gardner 1999: 44). Human beings are organisms who possess a basic set of intelligences. Manusia adalah organisme yang memiliki seperangkat dasar dari kecerdasan. People have a unique blend of intelligences. Orang-orang memiliki perpaduan unik dari kecerdasan. Howard Gardner argues that the big challenge facing the deployment of human resources 'is how to best take advantage of the uniqueness conferred on us as a species exhibiting several intelligences' ( ibid. : 45). Howard Gardner berpendapat bahwa tantangan besar yang dihadapi penyebaran sumber daya manusia 'adalah cara terbaik untuk mengambil keuntungan dari keunikan diberikan pada kita sebagai suatu spesies menunjukkan beberapa kecerdasan' (ibid.: 45).
These intelligences, according to Howard Gardner, are amoral - they can be put to constructive or destructive use. Kecerdasan tersebut, menurut Howard Gardner, adalah amoral - mereka dapat dimasukkan untuk menggunakan konstruktif atau destruktif.

The appeal of multiple intelligences to educators Daya tarik kecerdasan ganda untuk pendidik

Howard Gardner's theory of multiple intelligences has not been readily accepted within academic psychology. Teori Howard Gardner tentang kecerdasan ganda belum siap diterima dalam psikologi akademis. However, it has met with a strongly positive response from many educators. Namun, telah bertemu dengan respon sangat positif dari banyak pendidik. It has been embraced by a range of educational theorists and, significantly, applied by teachers and policymakers to the problems of schooling. Ini telah dianut oleh berbagai teori pendidikan dan, secara signifikan, yang diterapkan oleh guru dan pembuat kebijakan untuk masalah sekolah. A number of schools in North America have looked to structure curricula according to the intelligences, and to design classrooms and even whole schools to reflect the understandings that Howard Gardner develops. Sejumlah sekolah di Amerika Utara telah memandang ke struktur kurikulum sesuai dengan kecerdasan, dan untuk merancang ruang kelas dan sekolah bahkan seluruh mencerminkan pemahaman bahwa Howard Gardner berkembang. The theory can also be found in use within pre-school, higher, vocational and adult education initiatives. Teori ini juga dapat ditemukan dalam penggunaan dalam pra-sekolah, tinggi, kejuruan dan inisiatif pendidikan orang dewasa.
This appeal was not, at first, obvious. Banding ini tidak, pada awalnya, jelas.
At first blush, this diagnosis would appear to sound a death knell for formal education. Pada awalnya, diagnosis ini akan muncul untuk membunyikan lonceng kematian bagi pendidikan formal. It is hard to teach one intelligence; what if there are seven? Sulit untuk mengajarkan satu intelijen; bagaimana jika ada tujuh? It is hard to enough to teach even when anything can be taught; what to do if there are distinct limits and strong constraints on human cognition and learning? Sulit cukup untuk mengajari bahkan ketika sesuatu dapat diajarkan, apa yang harus dilakukan jika ada batas yang berbeda dan kendala yang kuat pada kognisi manusia dan belajar? (Howard Gardner 1993: xxiii) (Howard Gardner 1993: xxiii)
Howard Gardner responds to his questions by first making the point that psychology does not directly dictate education, 'it merely helps one to understand the conditions within which education takes place'. Howard Gardner menanggapi pertanyaan-pertanyaannya dengan terlebih dahulu membuat titik bahwa psikologi tidak secara langsung menentukan pendidikan, 'itu hanya membantu seseorang untuk memahami kondisi di mana pendidikan berlangsung'. What is more: Apa yang lebih:
Seven kinds of intelligence would allow seven ways to teach, rather than one. Tujuh jenis kecerdasan akan memungkinkan tujuh cara untuk mengajar, bukan dari satu. And powerful constraints that exist in the mind can be mobilized to introduce a particular concept (or whole system of thinking) in a way that children are most likely to learn it and least likely to distort it. Dan kendala kuat yang ada dalam pikiran dapat dimobilisasi untuk memperkenalkan konsep tertentu (atau seluruh sistem pemikiran) dengan cara bahwa anak-anak yang paling mungkin untuk belajar dan paling mungkin untuk mengubah itu. Paradoxically, constraints can be suggestive and ultimately freeing. Paradoksnya, kendala dapat sugestif dan akhirnya membebaskan. ( op. cit. ) (Op. cit.)
Mindy L. Kornhaber (2001: 276), a researcher involved with Project Zero, has identified a number of reasons why teachers and policymakers in North America have responded positively to Howard Gardner's presentation of multiple intelligences. Mindy L. Kornhaber (2001: 276), seorang peneliti yang terlibat dengan Project Zero, telah mengidentifikasi sejumlah alasan mengapa guru dan pembuat kebijakan di Amerika Utara telah merespon positif untuk presentasi Howard Gardner tentang kecerdasan ganda. Among these are that: Di antaranya adalah bahwa:
... ... the theory validates educators' everyday experience: students think and learn in many different ways. teori memvalidasi pengalaman sehari-hari pendidik ': siswa berpikir dan belajar dalam berbagai cara. It also provides educators with a conceptual framework for organizing and reflecting on curriculum assessment and pedagogical practices. Ini juga menyediakan pendidik dengan kerangka kerja konseptual untuk mengatur dan mencerminkan penilaian kurikulum dan praktik pedagogis. In turn, this reflection has led many educators to develop new approaches that might better meet the needs of the range of learners in their classrooms. Pada gilirannya, refleksi ini telah menyebabkan banyak pendidik untuk mengembangkan pendekatan baru yang lebih baik mungkin memenuhi kebutuhan dari berbagai peserta didik dalam kelas mereka.
The response to Howard Gardner is paralleled by the adoption of Kolb's model of experiential learning by adult and informal educators. Respon terhadap Howard Gardner adalah sejajar dengan adopsi Kolb model experiential learning oleh pendidik dewasa dan informal. While significant criticism can be made of the formulation (see below ) it does provide a useful set of questions and 'rules of thumb' to help educators to think about their practice. Sementara kritik yang signifikan dapat dibuat dari formulasi (lihat bawah ) itu tidak menyediakan satu set pertanyaan yang berguna dan 'aturan jempol' untuk membantu pendidik untuk memikirkan praktek mereka. The way in which Howard Gardner's theory of multiple intelligences has been translated into policy and practice has been very varied. Cara di mana teori Howard Gardner tentang kecerdasan majemuk telah diterjemahkan ke dalam kebijakan dan praktek telah sangat bervariasi. Howard Gardner did not, initially, spell out the implications of his theory for educators in any detail. Howard Gardner tidak, pada awalnya, menguraikan implikasi teori untuk pendidik secara rinci. Subsequently, he has looked more closely at what the theory might mean for schooling practice (eg in The Unschooled Mind , Intelligence Reframed , and The Disciplined Mind ). Selanjutnya, ia telah melihat lebih dekat pada apa yang mungkin berarti teori untuk praktek sekolah (misalnya dalam Pikiran bersekolah, Intelijen dibingkai kembali, dan Pikiran Disiplin). From this work three particular aspects of Gardner's thinking need noting here as they allow for hope, and an alternative way of thinking, for those educators who feel out of step with the current, dominant product orientation to curriculum and educational policy. Dari pekerjaan ini tiga aspek tertentu dari pemikiran Gardner perlu dicatat di sini karena mereka memungkinkan untuk harapan, dan cara berpikir alternatif, bagi mereka pendidik yang merasa keluar dari langkah dengan orientasi, produk saat ini dominan untuk kurikulum dan kebijakan pendidikan. The approach entails: Pendekatan ini mencakup:
A broad vision of education . Sebuah visi yang luas dari pendidikan. All seven intelligences are needed to live life well. Semua kecerdasan tujuh yang diperlukan untuk menjalani hidup dengan baik. Teachers, therefore, need to attend to all intelligences, not just the first two that have been their tradition concern. Guru, oleh karena itu, perlu memperhatikan semua kecerdasan, bukan hanya dua yang pertama yang telah keprihatinan tradisi mereka. As Kornhaber (2001: 276) has noted it involves educators opting 'for depth over breadth'. Sebagai Kornhaber (2001: 276) telah mencatat melibatkan pendidik memilih 'untuk kedalaman lebih dari luas'. Understanding entails taking knowledge gained in one setting and using it in another. Memahami memerlukan mengambil pengetahuan yang didapat di satu pengaturan dan menggunakan di tempat lain. 'Students must have extended opportunities to work on a topic' ( op. cit. ). "Siswa harus memiliki kesempatan diperpanjang untuk bekerja pada topik '(op. cit.).
Developing local and flexible programmes . Mengembangkan program lokal dan fleksibel. Howard Gardner's interest in 'deep understanding', performance, exploration and creativity are not easily accommodated within an orientation to the 'delivery' of a detailed curriculum planned outside of the immediate educational context. Bunga Howard Gardner dalam 'pemahaman yang mendalam', kinerja, eksplorasi dan kreativitas tidak mudah diakomodasi dalam sebuah orientasi ke 'pengiriman' dari kurikulum rinci direncanakan di luar konteks pendidikan langsung. 'An "MI setting" can be undone if the curriculum is too rigid or if there is but a single form of assessment' (Gardner 1999: 147). 'Sebuah "MI pengaturan" dapat dibatalkan jika kurikulum yang terlalu kaku atau jika ada tapi bentuk tunggal dari penilaian' (Gardner 1999: 147). In this respect the educational implications of Howard Gardner's work stands in a direct line from the work of John Dewey . Dalam hal ini implikasi pendidikan pekerjaan Howard Gardner berdiri di garis langsung dari karya John Dewey .
Looking to morality . Melihat ke moralitas. 'We must figure out how intelligence and morality can work together', Howard Gardner argues, 'to create a world in which a great variety of people will want to live' (Gardner 1999: 4). 'Kita harus mencari tahu bagaimana kecerdasan dan moralitas dapat bekerja sama', Howard Gardner berpendapat, 'untuk menciptakan sebuah dunia di mana berbagai macam orang akan ingin hidup' (Gardner 1999: 4). While there are considerable benefits to developing understanding in relation to the disciplines, something more is needed. Walaupun ada manfaat yang cukup besar untuk memahami berkembang dalam kaitannya dengan disiplin, sesuatu yang lebih dibutuhkan.

Are there additional intelligences? Apakah ada kecerdasan tambahan?

Since Howard Gardner's original listing of the intelligences in Frames of Mind (1983) there has been a great deal of discussion as to other possible candidates for inclusion (or candidates for exclusion). Sejak daftar asli Howard Gardner kecerdasan dalam Frames of Mind (1983) telah terjadi banyak diskusi untuk kandidat lain untuk inklusi (atau calon untuk pengecualian). Subsequent research and reflection by Howard Gardner and his colleagues has looked to three particular possibilities: a naturalist intelligence, a spiritual intelligence and an existential intelligence. Penelitian selanjutnya dan refleksi oleh Howard Gardner dan rekan-rekannya telah melihat ke tiga kemungkinan tertentu: kecerdasan naturalis, kecerdasan spiritual dan kecerdasan eksistensial. He has concluded that the first of these 'merits addition to the list of the original seven intelligences' (Gardner 1999: 52). Dia telah menyimpulkan bahwa pertama 'Selain manfaat ke daftar tujuh kecerdasan asli' ini (Gardner 1999: 52).
Naturalist intelligence enables human beings to recognize, categorize and draw upon certain features of the environment. Kecerdasan naturalis memungkinkan manusia untuk mengenali, mengkategorikan dan memanfaatkan fitur tertentu dari lingkungan. It 'combines a description of the core ability with a characterization of the role that many cultures value' ( ibid. : 48). Ini menggabungkan deskripsi dari kemampuan inti dengan karakterisasi peran budaya yang banyak nilai '(ibid.: 48).
The case for inclusion of naturalist intelligence appears pretty straightforward, the position with regard to spiritual intelligence is far more complex. Kasus untuk dimasukkan kecerdasan naturalis muncul cukup sederhana, posisi berkaitan dengan kecerdasan spiritual yang jauh lebih kompleks. According to Howard Gardner (1999: 59) there are problems, for example, around the 'content' of spiritual intelligence, its privileged but unsubstantiated claims with regard to truth value, 'and the need for it to be partially identified through its effect on other people'. Menurut Howard Gardner (1999: 59) ada masalah, misalnya, di sekitar 'konten' kecerdasan spiritual, klaim istimewa namun berdasar berkaitan dengan nilai kebenaran, "dan kebutuhan untuk itu harus sebagian diidentifikasi melalui efeknya pada orang lain '. As a result: Akibatnya:
It seems more responsible to carve out that area of spirituality closest 'in spirit' to the other intelligences and then, in the sympathetic manner applied to naturalist intelligence, ascertain how this candidate intelligence fares. Tampaknya lebih bertanggung jawab untuk mengukir area spiritualitas terdekat 'dalam roh' dengan kecerdasan lain dan kemudian, dengan cara simpatik diterapkan untuk kecerdasan naturalis, memastikan bagaimana tarif kandidat kecerdasan ini. In doing so, I think it best to put aside the term spiritual , with its manifest and problematic connotations, and to speak instead of an intelligence that explores the nature of existence in its multifarious guises. Dengan demikian, saya pikir itu terbaik untuk menyisihkan istilah spiritual, dengan nyata dan konotasi bermasalah, dan berbicara, bukan kecerdasan yang mengeksplorasi sifat eksistensi dalam samaran aneka nya. Thus, an explicit concern with spiritual or religious matters would be one variety - often the most important variety - of an existential intelligence. Dengan demikian, perhatian eksplisit dengan hal-hal spiritual atau agama akan satu varietas - varietas yang paling sering penting - dari sebuah kecerdasan eksistensial.
Existential intelligence , a concern with 'ultimate issues', Eksistensial kecerdasan, perhatian dengan 'masalah utama', is, thus, the next possibility that Howard Gardner considers - and he argues that it 'scores reasonably well on the criteria' ( ibid .: 64). adalah, dengan demikian, kemungkinan berikutnya yang Howard Gardner menganggap - dan ia berpendapat bahwa itu nilai cukup baik pada kriteria '(ibid: 64.). However, empirical evidence is sparse - and although a ninth intelligence might be attractive, Howard Gardner is not disposed to add it to the list. Namun, bukti empiris jarang - dan meskipun kecerdasan yang kesembilan mungkin menarik, Howard Gardner tidak dibuang untuk menambahkannya ke daftar. 'I find the phenomenon perplexing enough and the distance from the other intelligences vast enough to dictate prudence - at least for now' ( ibid. : 66). "Saya menemukan fenomena yang cukup membingungkan dan jarak dari kecerdasan yang lain cukup luas untuk mendikte kehati-hatian - setidaknya untuk saat ini '(ibid.: 66).
The final, and obvious, candidate for inclusion in Howard Gardner's list is moral intelligence . Para kandidat, akhir, dan jelas untuk dimasukkan dalam daftar Howard Gardner adalah kecerdasan moral. In his exploration, he begins by asking whether it is possible to delineate the 'moral domain'. Dalam eksplorasi, ia mulai dengan menanyakan apakah mungkin untuk menggambarkan 'domain moral ". He suggests that it is difficult to come to any consensual definition, but argues that it is possible to come to an understanding that takes exploration forward. Dia menyarankan bahwa sulit untuk datang ke setiap definisi konsensual, tetapi berpendapat bahwa adalah mungkin untuk datang ke pemahaman bahwa mengambil eksplorasi ke depan. Central to a moral domain, Howard Gardner suggests, 'is a concern with those rules, behaviours and attitudes that govern the sanctity of life - in particular, the sanctity of human life and, in many cases, the sanctity of any other living creatures and the world they inhabit' ( ibid. : 70). Pusat ke domain moral, Howard Gardner menyatakan, 'merupakan perhatian dengan aturan-aturan, perilaku dan sikap yang mengatur kesucian hidup - khususnya, kesucian kehidupan manusia dan, dalam banyak kasus, kesucian dari setiap makhluk hidup lainnya dan dunia yang mereka tempati '(ibid.: 70). If we accept the existence of a moral realm is it then possible to speak of moral intelligence? Jika kita menerima adanya wilayah moral itu kemudian mungkin untuk berbicara tentang kecerdasan moral? If it 'connotes the adoption of any specific moral code' then Howard Gardner does not find the term moral intelligence acceptable ( ibid .: 75). Jika itu berkonotasi adopsi kode apapun moral tertentu 'lalu Howard Gardner tidak menemukan istilah kecerdasan moral dapat diterima (ibid: 75.). Furthermore, he argues, researchers and writers have not as yet 'captured the essence of the moral domain as an instance of human intelligence' ( ibid .: 76). Selanjutnya, ia berpendapat, peneliti dan penulis belum belum 'menangkap esensi dari domain moral sebagai sebuah contoh dari kecerdasan manusia' (ibid:. 76).
As I construe it, the central component in the moral realm or domain is a sense of personal agency and personal stake, a realization that one has an irreducible role with respect to other people and that one's behaviour towards others must reflect the results of contextualized analysis and the exercise of one's will.... Seperti yang saya menafsirkan hal itu, komponen utama dalam bidang moral atau domain adalah rasa badan pribadi dan kepentingan pribadi, sebuah kesadaran bahwa seseorang memiliki peran yang direduksi sehubungan dengan orang lain dan perilaku yang seseorang terhadap orang lain harus mencerminkan hasil analisis konteks dan pelaksanaan seseorang akan .... The fulfilment of key roles certainly requires a range of human intelligences - including personal, linguistic, logical and perhaps existential - but it is fundamentally a statement about the kind of person that has developed to be. Pemenuhan peran kunci tentu membutuhkan berbagai kecerdasan manusia - termasuk pribadi, linguistik, logis dan mungkin eksistensial - tetapi pada dasarnya adalah sebuah pernyataan tentang jenis orang yang telah dikembangkan untuk menjadi. It is not, in itself, an intelligence. Hal ini tidak, dalam dirinya sendiri, kecerdasan. 'Morality' is then properly a statement about personality, individuality, will, character - and, in the happiest cases, about the highest realization of human nature. 'Moralitas' kemudian benar pernyataan tentang kepribadian, individualitas, akan, karakter - dan, dalam kasus-kasus paling bahagia, tentang realisasi tertinggi dari sifat manusia. ( ibid .: 77) (Ibid:. 77)
So it is, that Howard Gardner has added an eighth intelligence - naturalist intelligence - to his list. Jadi, bahwa Howard Gardner menambahkan kecerdasan kedelapan - kecerdasan naturalis - untuk daftar. He has also opened the door to another possibility - especially that of existential intelligence - but the court is out on that one. Dia juga membuka pintu untuk kemungkinan lain - terutama kecerdasan eksistensial - tetapi pengadilan itu keluar pada yang satu.

Howard Gardner's multiple intelligences - some issues and problems Howard Gardner kecerdasan ganda - beberapa masalah dan masalah

There are various criticisms of, and problems around, Howard Gardner's conceptualization of multiple intelligences. Ada berbagai kritik, dan masalah di sekitar, konseptualisasi Howard Gardner tentang kecerdasan ganda. Indeed, Gardner himself has listed some of the main issues and his responses (1993: xxiii-xxvii; 1999: 79-114). Memang, Gardner sendiri telah mencatatkan beberapa isu utama dan tanggapan-Nya (1993: xxiii-xxvii, 1999: 79-114). Here, I want to focus on three key questions that have been raised in debates. Di sini, saya ingin fokus pada tiga pertanyaan kunci yang telah dibesarkan dalam perdebatan. (There are plenty of other questions around - but these would seem to be the most persistent): (Ada banyak pertanyaan lain di sekitar - tetapi ini tampaknya akan menjadi yang paling gigih):
Are the criteria Howard Gardner employs adequate? John White (1997) has argued that there are significant issues around the criteria that Howard Gardner employs. Apakah kriteria Howard Gardner mempekerjakan memadai? John White (1997) berpendapat bahwa ada masalah yang signifikan di kriteria yang mempekerjakan Howard Gardner. There are questions around the individual criteria, for example, do all intelligences involve symbol systems; how the criteria to be applied; and why these particular criteria are relevant. Ada pertanyaan di sekitar kriteria individu, misalnya, melakukan semua kecerdasan melibatkan sistem simbol, bagaimana kriteria yang akan diterapkan, dan mengapa kriteria tertentu yang relevan. In respect of the last, and fundamental question, White states that he has not been able to find any answer in Gardner's writings ( ibid .: 19). Sehubungan dengan pertanyaan terakhir, dan mendasar, menyatakan Putih bahwa ia belum mampu menemukan jawaban dalam tulisan-tulisan Gardner (ibid:. 19). Indeed, Howard Gardner himself has admitted that there is an element of subjective judgement involved. Memang, Howard Gardner sendiri telah mengakui bahwa ada unsur penilaian subjektif terlibat.
Does Howard Gardner's conceptualization of intelligence hold together? For those researchers and scholars who have traditionally viewed intelligence as, effectively, what is measured by intelligence tests - Howard Gardner's work will always be problematic. Apakah konseptualisasi Howard Gardner tentang kecerdasan terus bersama Bagi peneliti dan sarjana yang secara tradisional dipandang intelijen, efektif, apa yang diukur oleh tes kecerdasan -? Pekerjaan Howard Gardner akan selalu bermasalah. They can still point to a substantial tradition of research that demonstrates correlation between different abilities and argue for the existence of a general intelligence factor. Mereka masih dapat menunjukkan sebuah tradisi besar penelitian yang menunjukkan korelasi antara kemampuan yang berbeda dan berpendapat bagi keberadaan faktor kecerdasan umum. Howard Gardner (1993: xxiv) disputes much of the evidence and argues that it is not possible, as yet, to know how far intelligences actually correlate. Howard Gardner (1993: xxiv) sengketa banyak bukti dan berpendapat bahwa itu tidak mungkin, karena belum, untuk mengetahui seberapa jauh kecerdasan sebenarnya berhubungan. More recent developments in thinking around intelligence such as Robert Sternberg's (1985, 1996) advancement of a 'triarchic model' have shared Gardner's dislike of such standard intelligence theory. Perkembangan yang lebih baru dalam pemikiran sekitar intelijen seperti Robert Sternberg (1985, 1996) kemajuan 'model triarchic' telah berbagi suka Gardner tentang teori kecerdasan standar seperti. However, in contrast to Howard Gardner, Robert Sternberg does not look strongly at the particular material that the person is processing. Namun, berbeda dengan Howard Gardner, Robert Sternberg tidak terlihat kuat pada material tertentu bahwa orang tersebut adalah pengolahan. Instead he looks to what he calls the componential, experiential and contextual facets of intelligence. Sebaliknya ia terlihat apa yang dia sebut aspek componential, pengalaman dan kecerdasan kontekstual. A further set of criticisms centre around the specific intelligences that Howard Gardner identified. Satu set lebih lanjut dari pusat kritik sekitar kecerdasan tertentu yang Howard Gardner diidentifikasi. For example, it can be argued that musical intelligence and bodily-kinesthetic intelligence are better approached as talents (they do not normally need to adapt to life demands). Sebagai contoh, bisa dikatakan bahwa kecerdasan musik dan kecerdasan kinestetik-jasmani lebih baik didekati sebagai bakat (mereka biasanya tidak perlu untuk beradaptasi dengan tuntutan hidup).
Is there sufficient empirical evidence to support Howard Gardner's conceptualization? A common criticism made of Howard Gardner's work is that his theories derive rather more strongly from his own intuitions and reasoning than from a comprehensive and full grounding in empirical research. Apakah ada bukti empiris yang cukup untuk mendukung konsep Howard Gardner? Sebuah kritik umum yang dibuat dari pekerjaan Howard Gardner adalah bahwa teori-teorinya berasal agak lebih kuat dari intuisi dan penalaran daripada dari landasan yang komprehensif dan penuh dalam penelitian empiris. For the moment there is not a properly worked-through set of tests to identify and measure the different intelligences. Untuk saat ini tidak ada diatur dengan benar bekerja-melalui tes untuk mengidentifikasi dan mengukur kecerdasan yang berbeda.
I once thought it possible to create a set of tests of each intelligence - an intelligence-fair version to be sure - and then simply to determine the correlation between the scores on the several tests. Saya pernah berpikir mungkin untuk membuat satu set tes setiap kecerdasan - kecerdasan-versi yang adil untuk memastikan - dan kemudian hanya untuk menentukan korelasi antara skor pada beberapa tes. I now believe that this can only be accomplished if someone developed several measures for each intelligence and then made sure that people were comfortable in dealing with the materials and methods used to measure each intelligence. Saya sekarang percaya bahwa ini hanya dapat dicapai jika seseorang dikembangkan beberapa langkah untuk kecerdasan masing-masing dan kemudian memastikan bahwa orang-orang merasa nyaman dalam berurusan dengan bahan dan metode yang digunakan untuk mengukur kecerdasan masing-masing. (Gardner 1999: 98) (Gardner 1999: 98)
Howard Gardner himself has not pursued this approach because of a more general worry with such testing - that it leads to labelling and stigmatization. Howard Gardner sendiri tidak mengejar pendekatan ini karena khawatir lebih umum dengan pengujian tersebut - yang mengarah pada pelabelan dan stigmatisasi. It can be argued that research around the functioning of the brain generally continues to support the notion of multiple intelligence (although not necessarily the specifics of Howard Gardner's theory). Hal ini dapat dikatakan bahwa penelitian di seluruh fungsi otak umumnya terus mendukung gagasan kecerdasan ganda (meskipun tidak selalu secara spesifik dari teori Howard Gardner).
There are further questions around the notion of selfhood that Howard Gardner employs - something that he himself has come to recognize. Ada pertanyaan lebih lanjut di sekitar gagasan kedirian yang mempekerjakan Howard Gardner - sesuatu yang dia sendiri telah datang untuk mengakui. In the early 1990s he began to look to the notion of distributed cognition as providing a better way of approaching the area than focusing on what goes on in the mind of a single individual (Hatch and Gardner 1993) (see the discussion of social/situational orientations to learning ). Pada awal 1990 ia mulai melihat ke gagasan kognisi terdistribusi menyediakan cara yang lebih baik mendekati daerah daripada berfokus pada apa yang terjadi di pikiran seorang individu tunggal (Hatch dan Gardner 1993) (lihat pembahasan sosial / situasional orientasi untuk belajar ).

Conclusion Kesimpulan

While there may be some significant questions and issues around Howard Gardner's notion of multiple intelligences, it still has had utility in education. Meskipun mungkin ada beberapa pertanyaan yang signifikan dan isu seputar gagasan Howard Gardner tentang kecerdasan majemuk, itu masih memiliki utilitas dalam pendidikan. It has helped a significant number of educators to question their work and to encourage them to look beyond the narrow confines of the dominant discourses of skilling, curriculum, and testing. Ini telah membantu sejumlah besar pendidik untuk pertanyaan pekerjaan mereka dan untuk mendorong mereka untuk melihat melampaui batas-batas sempit wacana dominan Skilling, kurikulum, dan pengujian. For example, Mindy Kornhaber and her colleagues at the Project SUMIT (Schools Using Multiple Intelligences Theory) have examined the performance of a number of schools and concluded that there have been significant gains in respect of SATs scores, parental participation, and discipline (with the schools themselves attributing this to MI theory). Sebagai contoh, Mindy Kornhaber dan rekan-rekannya di Sumit Proyek (Sekolah Menggunakan Teori Kecerdasan Ganda) telah meneliti kinerja dari sejumlah sekolah dan menyimpulkan bahwa ada keuntungan yang signifikan dalam hal nilai SAT, partisipasi orang tua, dan disiplin (dengan sekolah itu sendiri menghubungkan ini untuk teori MI). To the extent that Howard Gardner's multiple intelligences theory has helped educators to reflect on their practice, and given them a basis to broaden their focus and to attend to what might assist people to live their lives well, then it has to be judged a useful addition. Sejauh bahwa teori beberapa Howard Gardner kecerdasan telah membantu pendidik untuk merefleksikan praktek mereka, dan memberi mereka dasar untuk memperluas fokus mereka dan untuk menghadiri apa yang mungkin membantu orang untuk menjalani hidup mereka dengan baik, maka harus dinilai suatu tambahan yang bermanfaat .
Project SUMIT (2000) uses the metaphor of Compass Points -'routes that educators using the theory have taken and which appear to benefit students'. Proyek Sumit (2000) menggunakan metafora Poin Kompas - 'rute yang pendidik menggunakan teori telah diambil dan yang tampaknya menguntungkan siswa. They have identified the following markers that characterize schools with some success in implementing practices that attend to multiple intelligences theory. Mereka telah mengidentifikasi penanda berikut yang mencirikan sekolah dengan beberapa keberhasilan dalam menerapkan praktek-praktek yang menghadiri teori kecerdasan ganda.
Culture: support for diverse learners and hard work. Acting on a value system which maintains that diverse students can learn and succeed, that learning is exciting, and that hard work by teachers is necessary. Budaya:. Dukungan untuk beragam pelajar dan kerja keras Bertindak pada sistem nilai yang menyatakan bahwa siswa yang beragam dapat belajar dan berhasil, bahwa belajar adalah menarik, dan bahwa kerja keras oleh para guru yang diperlukan. Readiness: awareness-building for implementing MI. Building staff awareness of MI and of the different ways that students learn. Kesiapan: kesadaran-bangunan untuk menerapkan KM Membangun kesadaran staf MI dan cara yang berbeda bahwa siswa belajar..
Tool : MI is a means to foster high quality work. Alat: MI adalah sarana untuk mendorong kualitas kerja yang tinggi. Using MI as a tool to promote high quality student work rather than using the theory as an end in and of itself. Menggunakan KM sebagai alat untuk mempromosikan kualitas kerja siswa yang tinggi daripada menggunakan teori sebagai tujuan dalam dan dari dirinya sendiri.
Collaboration : informal and formal exchanges. Kolaborasi: pertukaran informal dan formal. Sharing ideas and constructive suggestions by the staff in formal and informal exchanges. Berbagi ide dan saran konstruktif oleh staf di bursa formal dan informal.
Choice : meaningful curriculum and assessment options. Pilihan: kurikulum yang bermakna dan pilihan penilaian. Embedding curriculum and assessment in activities that are valued both by students and the wider culture. Embedding kurikulum dan penilaian dalam kegiatan yang dinilai baik oleh mahasiswa dan budaya yang lebih luas.
Arts . Seni. Employing the arts to develop children's skills and understanding within and across disciplines. Mempekerjakan seni untuk mengembangkan keterampilan anak-anak dan pemahaman di dalam dan di seluruh disiplin ilmu.
Informal educators can usefully look at this listing in respect of their projects and agencies. Pendidik informal berguna dapat melihat daftar ini berkenaan dengan proyek-proyek mereka dan lembaga. The multiple intelligences themselves also provide a good focus for reflection. Kecerdasan ganda sendiri juga memberikan fokus yang baik untuk refleksi. Arguably, informal educators have traditionally been concerned with the domains of the interpersonal and the intrapersonal, with a sprinkling of the intelligences that Howard Gardner identifies with the arts. Diperdebatkan, pendidik informal yang secara tradisional telah peduli dengan domain dari antarpribadi dan intrapersonal, dengan taburan kecerdasan Howard Gardner yang mengidentifikasi dengan seni. Looking to naturalist linguistic and logical-mathematical intelligences could help enhance their practice. Melihat ke naturalis kecerdasan linguistik dan logis-matematis dapat membantu meningkatkan praktek mereka.

Further reading and references Bacaan dan referensi

The main Howard Gardner writings on multiple intelligences are as follows: Howard Gardner utama tulisan-tulisan tentang kecerdasan ganda adalah sebagai berikut:
Gardner, Howard (1983; 1993) Frames of Mind: The theory of multiple intelligences, New York: Basic Books. Gardner, Howard (1983; 1993) Frames of Mind: Teori kecerdasan ganda, New York: Basic Books. The second edition was published in Britain by Fontana Press. Edisi kedua diterbitkan di Inggris oleh Fontana Tekan. 466 + xxix pages. 466 + halaman XXIX. (All references in this article refer to this second, 10th Anniversary, edition). (Semua referensi dalam artikel ini mengacu pada HUT ini, kedua 10, edisi). A major addition to the literature of cognitive psychology being the first full length explication of multiple intelligences. Sebuah tambahan utama literatur psikologi kognitif menjadi penjelasan panjang penuh pertama kecerdasan ganda.
Gardner, Howard (1989) To Open Minds: Chinese clues to the dilemma of contemporary education , New York: Basic Books. Gardner, Howard (1989) Untuk Buka Pikiran: petunjuk Cina untuk dilema pendidikan kontemporer, New York: Basic Books. This book includes a significant amount of material on Gardner's early life. Buku ini mencakup sejumlah besar material di awal kehidupan Gardner.
Gardner, H. (1991) The Unschooled Mind: How children think and how schools should teach , New York: Basic Books. Gardner, H. (1991) Pikiran bersekolah: Bagaimana anak-anak berpikir dan bagaimana sekolah seharusnya mengajarkan, New York: Basic Books.
Gardner, Howard (1999) Intelligence Reframed. Gardner, Howard (1999) Intelijen dibingkai kembali. Multiple intelligences for the 21st century , New York: Basic Books. Beberapa kecerdasan untuk abad ke-21, New York: Basic Books. 292 + x pages. 292 + x halaman. Useful review of Gardner's theory and discussion of issues and additions. Berguna Tinjauan dari teori Gardner dan diskusi masalah dan penambahan.
Gardner, Howard (1999) The Disciplined Mind: Beyond Facts And Standardized Tests, The K-12 Education That Every Child Deserves , New York: Simon and Schuster (and New York: Penguin Putnam). Gardner, Howard (1999) Pikiran Disiplin: Beyond Fakta Dan Tes Standar, K-12 Pendidikan Anak Itu Setiap Deserves, New York: Simon dan Schuster (dan New York: Penguin Putnam).

References Referensi

Brualdi, A, C. (1996) 'Multiple Intelligences: Gardner's Theory. Brualdi, A, C. (1996) 'Multiple Intelligences: Teori Gardner. ERIC Digest', Eric Digests , [ http://www.ericdigests.org/1998-1/multiple.htm . ERIC Digest ', Eric Digests, [ http://www.ericdigests.org/1998-1/multiple.htm . Accessed June 15, 2008] Diakses 15 Juni 2008]
Bruner, J (1960) The Process of Education , Cambridge, Mass.: Harvard University Press. Bruner, J (1960) Proses Pendidikan, Cambridge, Mass: Harvard University Press.
Gardner, Howard (1975) The Shattered Mind , New York: Knopf. Gardner, Howard (1975) The Shattered Mind, New York: Knopf.
Gardner, Howard (2006) Changing Minds. Gardner, Howard (2006) Mengubah Pikiran. The art and science of changing our own and other people's minds . Seni dan ilmu untuk mengubah sendiri dan orang lain kita pikiran. Boston MA.: Harvard Business School Press. Boston MA: Harvard Business School Press..
Gardner, H., Csikszentmihalyi, M. and Damon, W. (2001) Good Work: Where Excellence and Ethics Meet , New York: Basic Books. Gardner, H., Csikszentmihalyi, M. dan Damon, W. (2001) Good Work: Dimana Keunggulan dan Etika Bertemu, New York: Basic Books.
Gardner, H., & Hatch, T. (1989). Gardner, H., & Hatch, T. (1989). Multiple intelligences go to school: Educational implications of the theory of multiple intelligences. Educational Researcher , 18 (8), 4-9. Beberapa kecerdasan pergi ke sekolah: Pendidikan implikasi dari teori kecerdasan ganda Pendidikan Peneliti, 18 (8), 4-9..
T. Hatch and H. Gardner (1993) 'Finding cognition in the classroom: an expanded view of human intelligence' in G. Salomon (ed.) Distributed Cognitions. T. Hatch dan H. Gardner (1993) 'Mencari kognisi dalam kelas: pandangan diperluas kecerdasan manusia' dalam G. Salomon (ed.) kognisi terdistribusi. Psychological and educational considerations, Cambridge: Cambridge University Press. Psikologis dan pendidikan pertimbangan, Cambridge: Cambridge University Press.  
Kornhaber, ML (2001) 'Howard Gardner' in JA Palmer (ed.) Fifty Modern Thinkers on Education. Kornhaber, ML (2001) 'Howard Gardner' di JA Palmer (ed.) Lima puluh modern Pemikir tentang Pendidikan. From Piaget to the present , London: Routledge. Dari Piaget sampai sekarang, London: Routledge.
Project SUMIT (2000) SUMIT Compass Points Practices. [ http://pzweb.harvard.edu/Research/SUMIT.htm . Proyek Sumit (2000) Poin Kompas Sumit Praktek. [ http://pzweb.harvard.edu/Research/SUMIT.htm . Accessed June 15, 2008] Diakses 15 Juni 2008]
Scherer, M. (1999) 'The Understanding Pathway: A Conversation with Howard Gardner', Educational Leadership 57(3) [ www.georgejacobs.net/MIArticles/Gardner%20ASCD%201999.doc . Scherer, M. (1999) 'The Pathway Memahami: Sebuah Percakapan dengan Howard Gardner, Kepemimpinan Pendidikan 57 (3) [ www.georgejacobs.net / MIArticles /% 201999.doc% 20ASCD Gardner . Accessed June 15, 2008]. Diakses 15 Juni 2008].
Smith, LG and Smith, JK (1994) Lives in Education. Smith, LG dan Smith, JK (1994) Tinggal di Pendidikan. A narrative of people and ideas 2e, New York: St Martin's Press. Sebuah narasi orang dan 2e ide, New York: Tekan St Martin.
Sternberg, RJ (1985) Beyond IQ: A triarchic theory of human intelligence . Sternberg, RJ (1985) Di luar IQ: Sebuah teori triarchic kecerdasan manusia. New York: Cambridge University Press. New York: Cambridge University Press.
Sternberg, RJ (1996) Successful intelligence . Sternberg, RJ (1996) intelijen sukses. New York: Simon & Schuster. New York: Simon & Schuster.
White, J. (1998) Do Howard Gardner's multiple intelligences add up? London: Institute of Education, University of London. Putih, J. (1998) Apakah Howard Gardner kecerdasan ganda menambah Jakarta:? Institut Pendidikan, Universitas London.
Williams, WM, Blythe, T., White, N., Li, J., Sternberg, RJ, & Gardner, H. (1996). Practical intelligence for school. New York: HarperCollins College Publishers. Williams, WM, Blythe, T., Putih, N., Li, J., Sternberg, RJ, & Gardner, H. (1996) intelijen Praktis untuk sekolah di New York:. HarperCollins Penerbit Fakultas..
To cite this article : Smith, Mark K. (2002, 2008) 'Howard Gardner and multiple intelligences', the encyclopedia of informal education , http://www.infed.org/thinkers/gardner.htm . Untuk mengutip artikel ini: Smith, Mark K. (2002, 2008) 'Howard Gardner dan kecerdasan ganda', ensiklopedia pendidikan informal, http://www.infed.org/thinkers/gardner.htm .
© Mark K. Smith 2002, 2008 © Mark K. Smith 2002, 2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar