Minggu, Oktober 17, 2010

PAUD -


ANAK BELAJAR DARI KEHIDUPANYA
Jika anak dibesarkan dengan celaan  maka ia belajar memaki
Jika anak dibesarkan dengan permusuhan
maka ia belajar bekelahi
Jika anak dibesarkan dengan cemohoohan
maka ia belajar rendah diri
Jika anak dibesarkan dengan penghinaan maka ia belajar menyesali
Jika anak dibesarkan dengan toleransi maka ia belajar menahan diri

istockphoto_1407368_icons_emotions
Jika anak dibesarkan dengan pujian maka ia belajar menghargai
Jika  anak dibesarkan dengan dorongan maka ia belajar percaya diri

Jika anak dibesarkan dengan sebaik-baiknya perlakuan
maka ia belajar keadilan

Jika  anak dibesarkan dengan rasa aman maka ia belajar menaruh kepercayaan
jia anak dibesarkan dengan dukungan  maka ia belajar menyenangi diri
jika anak dibesarkan denagn kasih sayang persahabatan maka ia belajar menemukan cinta dalam kehidupannya
Proposal kerjasama
  Penyelenggaran
PAUD

Cooperation

Grant me:
The courage to change the things I can change
The serenity to accept the things I can not change
And the wisdom to know the difference


Landasan  Pemikiran
Anak adalah Pelita hati, anak adalah pancaran jiwa, anak adalah amanah, anak adalah masa depan kita, anak sebagai generasi penerus peradaban islam, memberikan pendidikan terbaik untuk anak kita berarti kita telah membangun masa depan kita sendiri .
Salah satu satu karunia dan keajaiban yang diberikan Allah kepada kita adalah anak, mengagumkan sekali bila kita mengamati pertumbuhan anak-anak kita. Senang sekali menyaksikan bagaimana mereka mulai mengoceh, merangkak , tumbuh gigi dan kemudian berjalan. Melihat bagaimana tubuh mereka semankin besar dan kemampuan semakin hari semakin berkembang .
Dan ingatlah , ketika tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka(seraya berfiman);
“Bukankah Aku Tuhanmu? “ Mereka menjawab : Betul (engkau Tuhan Kami ), kami menjadi saksi” (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan : Sesungguhnya  kami adalah  orang-orang  yang lengah  terhadap (keesaan Allah ) : “ (Qs;Al –Araf;172)”
Mendidik anak sesuai dengan fitrah mereka selalu menjadi harapan kita semua sebagai orang tua, seperti yang dikatakan RasulullahMuhammad SAW
“ Tiap Anak  yang dilahirkan atas fitrah mereka.orang itulah yang mendidik anak dan membesarkan mereka hingga mereka menjadi yahudi,Nasrani atau Majusi.
akhwat
Rasulullah SAW bersabda:
Permudahlah,dan janganlah mempersulit. Berilah kabar gembira dan janganlah menakut-nakuti.”
Sabda Rasulullah SAW :
 “Sesungguhnya Allah menyukai kelembutan di dalam segala hal.” (HR Bukhari)

Latar Belakang
Pernahkah kita bertanya pada diri kita, anak seperti apa yang ingin kita besarkan, tentunya anak yang bahagia sepanjang hidupnya, kemungkinan besar anak bisa bahagia, bila tumbuh secara optimal secara fisik, mental  dan  sosial.
Anak bisa tumbuh optimal bila dia selalu mendapatkan stimulasi yang tepat sesuai dengan tahap-tahap perkembangan (milestones)berdasarkan usianya.
Pendidikan adalah sebuah sistem yang harus terintegrasi antara aspek yang satu dengan aspek yang  lain. Pendidikan agama dan nilai-nilai kehidupan beragama ( yang meliputi kecerdasan spritual dan emosional) yang berintikan rukun Islam,rukun Iman dan Ihsan merupakan aspek pokok yang harus selalu terintegrasi dalam setiap  kegiatan pembelajaran. Melalui metode ini anak tidak hanya pandai dari segi intelektual saja tetapi Insya Allah tujuan akhir pendidikan  dapat tercapai yaitu anak siap menghadapi Allah SWT, yang merupakan tujuan hidup yang hakiki dari setiap manusia beragama.
Berikanlah kepada anak didik kita sesuai dengan tahap perkembangannya,Tauladan orang dewasa yang baik sangat mendukung para siswa, sehingga dapat tercipta generasi penerus bangsa yang tangguh, ikhlas jujur, amanah, profesional dan menjunjung  tinggi serta  mampu mengaplikasikan nilai-nilai beragama dalam kehidupan sehari-hari, Yakinlah pada Allah bahwa setiap anak memiliki potensi positif.
MCj01553560000[1]


Falsafah
·         Program Pendidikan berdasarkan pada program  Pendidikan Pemerintah.
·         Mendukung Perkembangan anak yang meliputi  seluruh falsafah kehidupan.
·         Memberikan Kesempatan anak untuk berinteraksi sosial secara tepat. 



Landasan Utama
Sebagai landasan utama membentuk pribadi anak agar menjadi manusia   yang berbudi pekerti luhur, berakhlak mulia, sehat jasmani, terampil, percaya diri, pemberani dan mandiri.
 Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional ditentukan usia 0 – 6 tahun, golden age (usia emas), usia yang paling tepat untuk dibentuk pribadinya berkaitan dengan agama, norma, nilai, kecerdasan kedisiplinan, toleransi.
growth1
  Menu generik yang mengatur kegiatan sejak lahir sampai enam tahun:
Kegiatan yang dapat dikelompokkan menjadi enam aspek perkembangan   yaitu :
·         anak sejak lahir sampai 1 tahun.
·         1 - 2 tahun  
·           2 – 3 tahun
·         3 – 4 tahun
·         4 – 5 tahun
·         5   - 6  tahun

·         moral dan nilai-nilai agama,
·         fisik
·         bahasa
·         kognitif
·         sosio emosional
·         seni

.MCj02819700000[1]
Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini
  Masa  usia dini = Golden age
  Pelbagai kemampuan , keterampilan hidup,  &  karakteristik terbentuk di masa ini.
  Perlu stimulasi yang tepat dalam pengembangan potensi AUD.
Teori Piaget
n  The sensorimotor stage                                                 ( Sejak lahir sampai 2 tahun )
n  The preoperational stage                             (  2 sampai 6 atau 7 tahun )
n  The concrete operational stage                ( 6 -7 tahun sampai 11- 12 tahun)
n  The formal operational stage                      ( 11 - 12 tahun sampai dewasa)
Metode 
Pendekatan Beyond Centers and Circle Time (BCCT)  atau Pendekatan Sentra dan Lingkaran
n  pijakan lingkungan main
n  pijakan sebelum main
n  pijakan selama main
n  pijakan setelah main
MCj02442010000[1]
Target –Target  yang diharapkan  terbentuk karakter Generasi Islam 
  Menjadi Pribadi beriman bertaqwa …
  Menjadi Pribadi yang sehat jasmani rohani
  Menjadi Pribadi intelektual yang kritis dan inovatif…
  Menjadi Pribadi yang santun …
  Menjadi Pribadi yang bermanfaat untuk masyarakat…
football_kid_by_klaatu81

Nilai-nilai yang akan ditanamkan dalam pembentukan karakter
Ø  Kasih sayang
Ø  Kejujuran
Ø  Keadilan
Ø  Kerjasama/tolong menolong
Ø  Tanggung jawab
Ø  Disiplin diri
Ø  Keberagaman
Ø  Harga diri/kemuliaan
Ø  Partisipasi
happy-children

Fees To Be A PAUD Program 

Enrollment fee    ( Uang pangkal )       Rp. ...........   ( 1 Time Payment )
Anual fee              ( Daftar Ulang )          Rp. ...........   ( Renew  Every year )
Uniform                ( 1  stell )                      Rp  ............
Monthhly Fee      ( Jasa Guru )                Rp. ...........

           
Jadwal belajar
Hari Belajar   : Senin s/d Jum’at
Waktu Belajar :  08.45 – 10.45

 Level  1   &  2  ( 6 :2 )  Dengan Pendamping
 10 – 14  Months  ( Green)   Senin ,Rabu ,Jum’at

Level  3  & 4  (  8 : 2) Dengan Pendamping
14  & 24  Months ( Orange) Selasa ,Kamis ,Jum’at

Level  5 & 6   ( 10 :2 ) ( Jika diperlukan pendamping )
2  -   4  Months  ( Yellow ) Senin  s/d Juma’t

 Aktivitas Bermain
1.      Sentra  Main Peran
2.      Sentra  Seni dan kreasi
3.      Sentra  Bahan Alam
4.      Sentra  Persiapan
5.      Sentra  Rancang Bangun
6.      Sentra  Al Islam
7.      Sentra  Musik dan Olah tubuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar